Travel Umroh Murah 2016 di Jakarta | Paket Umroh Promo Murah Plus Januari 2016

Harga Paket Umroh Awal Tahun 2016

31.5.15

Tata Cara Berwudhu Yang Baik Dan Benar


Paket Umroh Bulan Ramadhan 2015. Islam merupakan agama yang mempunyai syariat yang indah. Faedah kemudian pahala melaksanakan syariat Allah tetap kembali untuk umatnya. Diantara syariat Islam yang indah tersebut ialah wudhu. Wudhu disyariatkan sewaktu seseorang hendak melaksanakan shalat, thawaf di Baitullah serta menyentuh mushaf.


Allah berfirman, yang artinya, “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki…” (QS. al-Maaidah: 6)

Paket Umroh Akhir Tahun 2015

Rasulullah bersabda untuk ‘Aisyah (tentang wanita haidh), “Kerjakanlah seperti yang dikerjakan oleh orang yang mengerjakan haji kecuali berthawaf di Baitullah hingga kamu bersuci.” (Mutaffaq ‘alaihi)


Di dalam hadits yang lain Rasulullah bersabda, “Tidak boleh menyentuh al-Qur’an kecuali orang yang suci.” (HR. al-Hakim)


Seperti kita ketahui bahwa setiap syariat Allah selalu dipenuhi dengan keutamaan yang benar-benar berlimpah. Demikian juga dengan syariat wudhu tersebut. Banyak sekali hadits-hadits Rasulullah yang menjelaskan keutamaan wudhu, yaitu:

Paket Umroh Promo Murah Akhir Tahun

1. Tanda bagi umat Muhammad Shollallahu alaihi wasallam sewaktu dipanggil pada hari Kiamat kelak. Rasulullah bersabda dalam hadits Abu Hurairah, “Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari Kiamat dengan bertanda bulatan putih (pada dahinya) dan belang putih (pada kakinya) bekas wudhu.” (Mutafaq ‘alaih)

2. Allah akan memberi ampunan dosa yang telah lalu, jika seseorang berwudhu sesuai dengan wudhu Rasulullah. Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Utsman, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa berwudhu seperti wudhuku ini setelah itu dia mengerjakan shalat dua rakaat, yang pada keduanya dia tak berbicara pada dirinya sendiri, niscaya Allah akan memberi ampunan kepadanya atas dosa-dosa yang telah lalu.” (Mutafaq ‘Alaihi)

3. Allah akan memberi ampunan atas dosa yang timbul antara wudhu dengan shalat yg berikutnya.Rasulullah bersabda, “Tidaklah seorang Muslim berwudhu lalu dia menyempurnakan wudhunya tersebut, kemudian mengerjakan shalat melainkan Allah akan memberi ampunan kepadanya atas dosa yang terjadi antara wudhu itu dengan shalat yang yang akan datang.”(HR. Muslim)

4. Wudhu akan jadi kafarat (penebus) dosa yang lalu, selama tak menjalankan dosa besar. Rasulullah bersabda, “Tidaklah seorang Muslim yang telah tiba waktu shalat wajib, lalu dia menyempurnakan wudhu, kekhusyuan, dan rukuknya, melainkan itu akan menjadi kafarat (penebus) untuk dosa-dosa yang telah lalu, selama dia tak menjalankan dosa besar. Dan itu berlaku selamanya.” (HR. Muslim)

5. Dengan wudhu akan mendapatkan surga. Rasulullah bersabda, “Tidaklah seorang Muslim berwudhu lalu dia menyempurnakan wudhunya kemudian mengerjakan shalat dua rakaat dengan hati yang khusyu dan wajah yang khudu (tunduk), melainkan telah diwajibkan baginya Surga.” (HR. Muslim)

6. Akan pergi dari dosa dari setiap anggota wudhu. Rasulullah bersabda, “Jika seorang hamba Muslim atau Mukmin berwudhu setelah itu membasuh wajahnya, akan keluar dari wajahnya setiap dosa yang dilakukan kedua matanya bersamaan dengan keluarnya air atau tetesan air yang terakhir. Jika dia membasuh tangannya, akan keluar dari kedua tangannya tiap dosa yang pernah diperbuat dengan kedua tangannya itu bersama air ataupun tetesan air yang terakhir. Jika dia membasuh kedua kakinya, akan keluar setiap dosa yang sudah pernah diperbuat oleh kedua kakinya bersama dengan air atau tetesan air yang terakhir, sehingga dia akan keluar dalam keadaan sungguh-sungguh bersih dari dosa.” (HR. Muslim)
Rasulullah Shollallahu alaihi wasallam juga bersabda, “Barangsiapa berwudhu setelah itu menyempurnakan wudhunya maka kesalahan-kesalahannya akan keluar dari tubuhnya sampai-sampai dari bawah kuku-kukunya.” (HR. Muslim)

7. Meninggikan derajat.Rasulullah Shollallahu alaihi wasallam bersabda, “Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang dengannya Allah menghapus dosa dan meninggikan derajat.” Para sahabat menjawab, “Mau ya Rasulullah.” Beliau bersabda, “Ialah menyempurnakan wudhu pada saat yang tak disukai (menyulitkan), banyak melangkah ke masjid, dan menunggu shalat setelah shalat. Itulah ar-ribath (perjuangan), dan itulah ar-ribath.” (HR. Muslim)


Wudhu Yang Sempurna

Sesudah mengerti keutamaan wudhu, kita harusnya mengerti bagaimana tata cara wudhu yang sempurna. Pada hadits Humran bekas budak Utsman, beliau berkata: “Bahwa Utsman bin Affan meminta diambilkan air wudhu kemudian dia berwudhu dengan membasuh kedua telapak tangannya sebanyak 3 kali. Kemudian dia berkumur-kumur dan ber-istintsar (mengeluarkan air yang dihirup ke hidung). Kemudian dia membasuh wajahnya 3 kali. Kemudian dia membasuh tangan kanannya hingga siku sebanyak 3 kali. Kemudian dia membasuh tangan kiri sebagaimana itu pula. Kemudian dia mengusap kepalanya. Kemudian dia membasuh kaki kanannya hingga mata kaki sebanyak 3 kali. Kemudian dia membasuh kaki kiri seperti itu jua. Kemudian Utsman berkata: Aku menengok Rasulullah dulu berwudhu seperti yang kulakukan tadi. Kemudian Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang berwudhu seperti caraku berwudhu ini kemudian bangkit kemudian menjalankan shalat dua raka’at dalam keadaan pikirannya tak melayang-layang dalam urusan dunia niscaya dosa-dosanya yang telah berlalu akan diampuni.” (HR. Muslim)

Secara lebih rinci tata cara wudhu yang sempurna ialah sebagai berikut,

1. Berniat dalam hati tuk berwudhu. Kondisi ini beralaskan hadits Umar, “Amal perbuatan itu tergantung pada niat.” (Muttafaq ‘alaih)

Niat itu tak mesti diucapkan ataupun dilafalkan disebabkan Nabi tak pernah melafalkan niat secara lisan serta lantaran Allah tahu persis apa yang ada pada dalam hati.

2. Mengucapkan, “Bismillah.”

Hal itu didasarkan dalam hadits Abu Hurairah, dari Nabi beliau bersabda, “Tidak ada shalat bagi orang yang tak berwudhu serta tak ada wudhu bagi orang yang tak menyebut nama Allah padanya.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan at-Tirmidzi)

3. Mencuci kedua telapak tangan 3 kali

4. Mengambil air dgn telapak tangan kanan sambil sebagian dimasukkan ke dalam mulut (madhmadhah) dan sebagian dihirup ke dalam hidung (istinsyaq) kemudian membuangnya dengan tangan kiri (istintsar). Itu diterapkan tiga kali dengan tiga kali cidukan air dengan telapak tangan. Kemudian menyempurnakan wudhu dan melakukan istinsyaq sedalam-dalamnya kecuali bagi orang yang sedang puasa. Rasulullah bersabda, “Dalam-dalamlah di dalam menghirup air dengan hidung, kecuali jika kamu sedang berpuasa.” (HR. Abu Dawud)

5. Membasuh muka 3 kali dari telinga yang satu ke telinga yang lain dengan skala melebar, dari rambut kepala paling depan hingga ke jenggot paling bawah dan dagu dengan skala memanjang. Selanjutnya, menyela-nyela jenggot sebagaimana hadits Anas bin Malik, bahwa Rasulullah dulu bila berwudhu hingga beliau mengambil air dengan telapak tangannya kemudian dia masukkan ke bawah dagunya dan menyela-nyela jenggotnya dengan air tersebut. Lantas beliau mengatakan, “Demikianlah yang diperintahkan oleh Rabbku” (HR. Abu Dawud)

6. Membasuh tangan kanan sebanyak tiga kali dari ujung jari sampai ke siku-siku, menggosok-gosok lengan, membasuh bagian siku, serta menyela-nyela jari-jari, kemudian membasuh tangan kiri sebagaimana yang dilakukan terhadap tangan kanan.

7. Mengusap kepala sekali, adalah dengan membasahi kedua tangan dengan air setelah itu mengusapkannya dari bagian kepala terdepan hingga tengkuk, kemudian membalikan tangan ke tempat semula. Berikutnya memasukkan kedua jari telunjuk ke dalam telinga kemudian mengusapkan kedua ibu jari ke bagian luar telinga.

8. Membasuh kaki kanan 3 kali dari ujung kaki hingga ke mata kaki, membasuh mata kaki, menyela-nyela jari-jari. Dilanjutkan dengan membasuh kaki kiri selaku yang dilakukan bersama kaki kanan. Paket Umroh Bulan Ramadhan 2015

9. Akhirnya membaca,

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ ، وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ
“Aku bersaksi bahwasannya tidak ada Tuhan selain Allah, yang tiada sekutu bagi-Nya dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba sekaligus Rasul-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan menyucikan diri.”(HR. at-Tirmidzi)

0 komentar:

Posting Komentar

#paket #umroh #umrah #awal #akhir #tahun #2016 #2017 #bulan #januari #Februari #Maret #April #Mei #Juni #Ramadhan #Desember #promo #murah #diskon #harga

kami melayani #JawaBarat #Bandung #BandungBarat #Bekasi #Bogor #Ciamis #Cianjur #Cirebon #Garut #Indramayu #Karawang #Kuningan #Majalengka #Pangandaran #Purwakarta #Subang #Sukabumi #Sumedang #Banjar #Bekasi #Cimahi #Cirebon #Depok #Sukabumi #Tasikmalaya #JawaTengah #Banjarnegara #Banyumas #Batang #Blora #Boyolali #Brebes #Cilacap #Demak #Grobogan #Jepara #Karanganyar #Kebumen #Klaten #Kudus #Magelang #Pati #Pekalongan #Pemalang #Purbalingga #Purworejo #Rembang #Semarang #Sragen #Sukoharjo #Tegal #Temanggung #Wonogiri #Wonosobo #Magelang #Pekalongan #Salatiga #Semarang #Surakarta #Tegal #JawaTimur #Bangkalan #Banyuwangi #Blitar #Bojonegoro #Bondowoso #Gresik #Jember #Jombang #Kediri #Lamongan #Lumajang #Madiun #Magetan #Malang #Mojokerto #Nganjuk #Ngawi #Pacitan #Pamekasan #Pasuruan #Ponorogo #Probolinggo #Sampang #Sidoarjo #Situbondo #Sumenep #Sumenep #Tuban #Tulungagung #Batu #Blitar #Malang #Mojokerto #Pasuruan #Probolinggo #Surabaya #Jakarta #KepulauanSeribu #Jakarta #Barat #Pusat #Selatan #Timur #Utara #banten #Lebak #Pandeglang #Serang #Tangerang #Cilegon #Serang #Tangerang #TangerangSelatan #Bantul #GunungKidul #KulonProgo #Sleman #Yogyakarta #Sumatera #Aceh #BandaAceh #SumateraUtara #Medan #SumateraBarat #Padang #Riau #Pekanbaru #Jambi #SumateraSelatan #Palembang #Bengkulu #Lampung #BandarLampung #KepulauanBangkaBelitung #PangkalPinang #KepulauanRiau #TanjungPinang #Kalimatan #KalimantanBarat #Pontianak #KalimantanTengah #PalangkaRaya #KalimantanSelatan #Banjarmasin #KalimantanTimur #Samarinda #KalimantanUtara #TanjungSelor #Sulawesi #SulawesiUtara #Manado #SulawesiTengah #Palu #SulawesiSelatan #Makassar #SulawesiTenggara #Kendari #SulawesiBarat #Mamuju #Gorontalo #SundaKecil #Bali #Denpasar #NusaTenggaraTimur #Kupang #NusaTenggaraBarat #Mataram #lombok